Kamis, 08 Januari 2009

Busett, Kapasitas Kartu Memori Capai 2TB!


LAS VEGAS, KAMIS - Kejutan baru saja diberikan oleh SD Association, lembaga yang menaungi kartu memori, dengan mengumumkan generasi baru kartu memori. Kalau selama ini kita mengenal SDHC (Secure Digital High Capacity) yang kapasitasnya di atas 2GB, kini ada SDXC.
SD Extended Capacity, kartu SD dengan kapasitas mencapai 2 terabyte.
Inilah sebuah standar baru untuk kartu dengan kapasitas di atas
SDHSD Extended Capacity, kartu SD dengan kapasitas mencapai 2

SDXC adalah singkatan dari SD Extended Capacity. Maksudnya, kapasitasnya mengembang luar biasa. Tidak berhenti di 32GB seperti SDHC saat ini, tetapi melompat sampai 2 terabyte (TB)!

Yang juga penting, kecepatan baca SDXC ini dijanjikan akan mencapai 104 megabyte per detik, yang kelak akan digenjot sampai 300 megabyte per detik. Spesifikasi embedded SD dan SDIO juga akan meningkat akibat antarmuka baru.

Menurut SD Association, dengan kartu jenis baru ini kita bisa menampung 100 film HD, 60 jam rekaman HD dan 17.000 foto resolusi tinggi. Sayang belum dijelaskan kompatibilitas dan ketersediaannya – apakah bisa dipakai di perangkat lama dan kapan akan tersedia di pasar. Namun jika menilik sejarah sebelumnya, SDXC tidak dapat dipasang pada perangkat lama.


Tidak ada komentar: